Laman

Sabtu, 19 Desember 2009

KPU.....!!! (mungkin lebih tepat di sebut diary 4)

Well.. akhirnya hari hari gw jadi KPU di pemilu teknik nyampe di penghujung juga...
Segala kerjaan udah tinggal finishing. Perhitungan udah kelar, masalah software-software udah gak jadi pikiran lagi, GW UDAH BALIK LAGI KE RUTINITAS...


Ni gw mau sedikit sharing-sharing tentang gimana gw selama jadi KPU, terutama kadiv Verifikasi.
OK gw ceritain 3 hari selama pemilihan aja...

Bagi gw 3 hari itu benar2 nguras diri gw gw. Mulai dari fisik gw yang bener bener di genjot gak boleh lelah sebentar pun, sampe mental gw yg harus selalu siap dengan segala intervensi dari berbagai pihak. Untung aja yg ini gak terlalu sering ada. Hari pertama bagi gw hari terberat, bukan hanya itu hari PERTAMA kali gw jadi penyelenggara pemilu yg sebenarnya, itu jg hari paling sibuk gw di kuliah karena gw harus praktikum. Di sini gw bener2 abis... fisik gw serasa udah g kuat lagi ngapa2in setelah di rumah. Gw rasa segala kerjaan yg gw lakuin hari itu udah ngehabisin >90% dari stamina gw. Hari ke 2 udah lumayan, kuliah gw cuma 2 SKS dan itu di jam 11-13 yg g terlalu sering ada "masalah". Gw ngerasa hari ini lebih "enteng" dibanding kemaren, but setelah sore gw baru nyadar kalo "masalah" yang muncul di hari ini ternyata lebih berat dibanding kemaren. Gw, pari (ketua KPU) ama anak buah gw (anak2 verifikasi) pusing gimana cara nyelesaiin masalah ini. Oke masalah ini jd PR di rumah, dan karena di rumah gw jg g bisa ngapa2 karena stamina gw udah abis... gw selesaiin seadanya dan gw ahirnya "Tepar...". Hari 3.. The last day. Untung aja gw gak kuliah hari ini. Jadi gw bisa TOTAL di kerjaan gw. Gw mondar-mandir TPS bwt selalu ngecek ada masalah enggak di TPS (biarpun yg tugas kelilang-keliling si ketua KPU (parto = pari), tapi gw ngerasa bertanggung jawab jg akan masalah yg terjadi di tiap TPS (belajar dari hari kemaren). Sampe2 ketika si ketua lg Off gara2 musti kuliah, gw berinisiatif bwt ambil HT dia dan keliling ngecekin... (g tw dah ini kesalahan apa bukan), yg pasti begitu si ketua udah kelar kuliahnya, gw langsung nyerahin lg HT-nya dan ngelapor apa aj yg gw temuin. Terus malemnya diadain perhitungan suara, dan di sana gw musti siap dengan segala "serangan" yg diarahin ke KPU, secara di sini gw yg dituntut untuk bisa menjelaskan sejelas jelasnya apa apa aja yg udah terjadi selama 3 hari kemaren (ya iya lah... verifikasi....^^). Perhitungan yang melelahkan dan bikin ngantuk ini berakhir jam 4 an dan acara perhitungan selesai kira2 jam 5 an, belum lagi musti beberesan. Jadinya kita baru bisa balik jam 6. Asal tau aja tiap hari kita harus dateng ke kampus buat siap siap jam setengah 6. Jadi hari ke 3 ini gw praktis 24 JAM kerja... buset....!!!

Sumpah, gw bener2 ngerasa hari hari selama menjadi KPU bener bener berarti bagi gw. Mulai dari saat gw diajakin jd KPU, ikut rapat, nyiap-nyiapin, bikin software, dll lah... gw bener2 ngerasa ini salah satu harta (pengalaman) gw yang paling berharga. Gw akan nyimpan ini bersama sama dengan segala kenangan-kenangan gw, dan gw pastiin ini akan selalu teringat oleh diri gw selamanya.

Gimana enggak, diri gw bener bener ter-UPGRADE dengan jadi KPU, mulai dari menejemen waktu gw yg jadi lebih baik, trus gw mulai bisa bekerja pararel (ngerjain beberapa tugas dalam satu waktu), Public speaking gw jd lebih baik, trus kemampuan berkoordinasi dengan orang lain gw juga jadi membaik, banyak lah pokoknya dari segala Softskill sampe Hardskill (gw mpe bela belain bwt belajar VB 6 ma 2008 untuk buat software, tp akhirnya g jd T.T) gw terupgrade [Alhamdullillah...] thx 4 KPU.

Gw juga mau ngucapin beribu-ribu terimakasih bwt semua anggota KPU. Pari sang ketua, Alin sang sekretaris, Nadya & Niken sang bendahara, Indra-Irsan-Ade sebagai tim (Divisi) Acara, Mas Yodhi-Afif-Dadan sebagai tim (Divisi) Kampanye, Hansen-Jati-Dodi(yg akhirnya di ganti Taufik, makasih jg fik...) sebagai tim verifikasi [anak buah gw ^^ thx bro...] Tanpa kalian gw gak bakalan bisa melalui hari hari gw sebagai KPU dengan begitu berwarna... sampe2 memaksa melupakannya aja gak bisa.... Pokoknya rasa terimakasih gw jauh lebih banyak daripada jumlah suara anak 2 teknik di pemilu ini (^^ hehehe....). Trus jg buat semua Panitia pemilu. Hatta dengan tim kepanitiiannya, Reza dengan tim publikasinya, Beldi dengan tim perkapnya, Cinthya dengan tim konsumsinya, gw jg ucapin terimakasih dan salute atas hasil dari kerja keras kita bersama....

Now... gw udah balik lagi ke rutinitas gw sebagai anak BEM, mungkin mereka ber 13 jg udah balik lagi ke rutinitas mereka. Tp gw yakin mereka jg gak bakal bisa ngelupain hal ini.... gak bakal bisa ngelupain saat dimana kita harus kerja bareng, pusing bareng, ketawa bareng, ngobrol2 gak jelas (misuh2...)... ya.... that's one of my "Precious Time".....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar