Laman

Rabu, 18 April 2012

Riffle Shuffle



Shuffle card apa yang paing sering kita lihat? Mungkin jika kita sering bermain dengan teman kita, Hindu Shuffle yang paling sering kita lihat. Yaitu dengan mengambil sebagian kartu dari bagian bawah, kemudian menaikkannya ke tumpukan atas secara bertahap. Namun ternyata ada yang lebih menyenangkan dari cara itu, yaitu Riffle Shuffle.


Ini termasuk cara shuffle yang paling saya senangi. Bahkan ketika sedang tidak memainkan apapun dengan kartu, saya spontan saja mengambil tumpukan kartu dan melakukannya. Selain ada kesenangan tersendiri ketika melihat kartu kartu itu bergerak saling bertumpuk, dan menyatu kembali, ada hal lain yang ternyata saya sadari dari hanya sekedar melakukan hal biasa ini.



Pertama, cara ini termasuk cara yang paling sering digunakan dalam permainan apapun. Tentunya untuk menjamin kartu kartu tersebar secara random, ini juga dikombinasikan dengan cara yang lain. Mengapa begitu, karena ternyata cara shuffle ini bisa dikendalikan untuk menghasilkan pola yang kita inginkan. Perfect Shuffle, itu istilah yang saya tahu, dimana kartu kartu dengan sempurna bersusun satu diantara yang lain, tertumpuk satu - satu, kiri dan kanan.


Kedua, karena cara ini bisa dikendalikan seperti itu terutama jika dia bisa melakukan Perfect Shuffle, banyak trik trik sulap atau permainan kartu yang 'dasar' triknya adalah dari pengacakan kartu dengan cara ini. Tidak percaya? silahkan buktukan sendiri.


Namun bukan ini yang ingin saya bagikan, lebih dari itu... jauh lebih, yang entah kenapa membuat saya tiba tiba melakukannya, spontan saja. Ada semacam rasa 'tersegarkan' kembali ketika melakukannya berulang kali. Mungkin tidak jauh berbeda ketika kita meng-klik kanan desktop komputer lalu me-refresh-nya. Hmm... mungkin lebih tepatnya begini, seperti me-reset kembali pikiran yang sempat kacau, mengkonstruksinya kembali menjadi susunan baru, yang berbeda, yang lebih segar dibanding sebalumnya. Sama seperti kartu kartu itu yang tersusun berbeda dari yang sebelumnya.


Adakah yang mengalami hal serupa?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar