Laman

Rabu, 05 Desember 2012

Korban?

Ide jail tiba tiba muncul saat perjalanan dari fakultas ke gelanggang UGM, persis pas lewat depan RSUP dr. Sardjito. Ini tentang seorang pemimpin.

"Pemimpin itu terkorban, sementara dipimpin itu berkorban"
Well... maksudnya apa? Sempat beberapa menit asyik dengan imajinasi sendiri, bermain main dengan sel - sel kelabu yang dianugerahkanNYA. Apa bedanya ter- dan ber-...? apa maksudnya pemimpin itu selalu dapet ga enaknya? atau selalu 'sial'?... haha.. bukan kok :)

Dari pendapat pribadi maksud dari terkorban itu pasti... harus, wajib, kudu.... Jadi pemimpin itu mau gak mau, dan pasti karena itu wajib... dia akan berkorban atas apa yang ia pimpin. Contoh kecil aja, pemimpin itu pasti dan harus memikirkan seluruh hal yang dia pimpin toh? ya namanya aja pemimpin... harus tau segalanya (kaya'nya berlebihan) tentang apa yang dia pimpin. Karenaaaa...... yak, saya yakin sudah tahu jawabannya... karena Pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang ia pimpin... So kalau ada sedikit saja hal yang "kurang benar" terjadi, maka sang pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban oleh 'Pihak Yang Berwenang'.

Nah, maksud dari dipimpin itu berkorban... yaa.... dipimpin itu juga pasti ada pengorbanan. Yakin kan setiap hal yang dilakukan itu pasti ada pengorbanan yang dilakukan? nah begitupun ini, sekalipun bukan pada posisi yang memimpin, tetap ada hal yang dikorbankan dari si terpimpin ini. Bedanya... nah akhirnya ketemu kan bedanya apa?... bedanya untuk hal ini dia tidak mengikat. Kalau pemimpin itu pasti... wajib, fardhu 'ain... kalau dipimpin itu tidak mengikat... (fardhu kifayah atau sunnah muakkadah ya? :P ). Beban pengorbanan itu ada tapi tidak harus dipikul, dia tidak hilang tapi tidak terikat... ya begitulah

Agak aneh memang kenapa tiba tiba mikir beginian... toh juga jadinya gak jelas kan apa yang dipikirin? (setelah baca ulang 2 alenia diatas) tapi ya setidaknya cukup senang karena bisa bermain main lagi dengan sel - sel kelabu serta mengupayakan cahaya dalam diri... yang akhirnya jadi bisa bikin tulisan :D

3 komentar:

  1. memang menjadi pemimpin itu harus sabar dan suka dengan pengorbanan gan... artikel ini sangat inspiratif. tri9makasih.

    BalasHapus
  2. memang menjadi pemimpin itu harus sabar dan suka dengan pengorbanan gan... artikel ini sangat inspiratif. trimakasih.

    BalasHapus
  3. sangat menarik, bener seorang pemeimpin harus rela berkorban demi mencapai kesuksesan kelompoknya, tapi pengorbanan ini sangat mulia.

    BalasHapus