Laman

Minggu, 07 Februari 2010

KRS-TEKIM [Diary 9]

"Bukan KRS-an di TEKIM UGM namanya kalo gak pake KESEL. Bukan KRS-an di TEKIM UGM kalo gak pake marah2. Bukan KRS-an di TEKIM kalo g pake SETRES...!!!"

Ya, mungkin itu sedikit gambaran bagaimana kami anak2 tekim ugm ber-KRS ria di jurusan kami yang tercinta ini. Pas waktunya mengisi KRS online, bebrapa dari kami udah stand-by dari jam 7 di depan komputer/leptop, padahal baru bisa ngakses-nya jam 8. Semakin mendekati jam 8, semakin banyak aja yang mengakses Portal Akademik, semakin sulit page itu untuk dibuka, di reload, bahkan beberapa sampai tidak bisa login. Yang sudah login dari sebelumnya juga, dan sudah bersiap siap untuk mengisi KRS pun masih harus menghadapi kendala, koneksi yang semakin melambat. Beberapa dari mereka mendapatkan pesan seperti ini di browser mereka.

504 Gateway Time-out



nginx/0.7.64

Well... jam 8 sudah, saatnya perang dimulai. Pesan di atas semakin banyak bermunculan di browser browser yang digunakan untuk krs-an, beberapa ada yang bisa lolos melihat halaman pemilihan mata kuliah, lainnya masih menunggu halaman itu untuk terbuka, kebanyakan gagal mengambil pada percobaan pertama. Hanya orang yang amat sangat beruntung saja yang bisa sukses pada percobaan pertama. Lainnya harus sering sering melihat pesan di atas. Pun juga dengan yang sudah selamat melihat halaman pemilihan mata kuliah, harus melihat pesan di atas juga. Ya... lagi lagi masalah koneksi yang terlalu padat. Mencoba lagi.... Mencoba lagi, dengan berbagai trik, mulai dari memilih sedikit2, sampai trik2 lainnya... tapi kebanyakan juga belum berhasil. Hanya pesan di atas yang muncul.

Ketika beberapa mata kuliah sudah mulai penuh, beberapa dari mereka ada yang mengistirahatkan diri, menunggu tenang sejenak, beberapa masih berusaha, termasuk GW. Pas nulis ini aja, tab di browser gw masih loading.... membuka page itu. Waktu semakin berjalan, koneksi sudah sedikit lebih lancar. Entah karena keberuntungan, ada yang sudah selesai, atau banyak yang mengistirahatkan diri... tak tau lah, biarlah, toh baru hari pertama, masih ada hari kamis dan jum'at, begitu pikir bebrapa dari mereka, tapi bukan GW.

Yang gw pikir sekarang, bisa bisanya hari yang menentukan kehidupan selama 1 semester dari ratusan mahasiswa (mungkin bahkan lebih), harus dijalani sebegitu beratnya. Tidak adil rasanya jika untuk mengisi KRS aja sudah sesulit ini. Kami yang merasa cukup punya fasilitas (maksudnya bisa berinternet dengan mudah) aja masih terhambat masalah ini, apalagi mereka yang tidak punya cukup fasilitas. Masa KRS ini benar2 menentukan kehidupan, masalahnya jika mata kuliah yang ingin kita ambil tidak bisa terambil, ya kita gak bisa kuliah mata kuliah itu. Masih lumayan kalau mata kuliah itu tidak berantai, kalau iya...??? bisa bisa masa studi dari si mahasiswa benar2 terganggu.

Pun juga dengan masalah koneksi. Bisa bisanya sebuah web yang diakses begitu banyaknya orang, memiliki koneksi yang tidak memadai, lihat saja dari seringnya pesan "GATEWAY TIME OUT" yang sering bermunculan, menandakan bahwa "PADAT"-nya traffic menuju dan dari web itu. Apa tidak bisa diperbaiki, padahal kejadian ini sudah sangat sering terjadi, Bahkan tiap semester. Kok ya tidak ada solusi, bukannya meragukan kemampuan dari sang "ADMIN" tapi, bisa bisanya dia gak menanggapi serius masalah ini. Sebenarnya yang membuat masalah ini, dari siapa...??? Sebuah pertanyaan yang harus disadari bersama... Dari mahasiswa sendiri menginginkan KRS-an yang singkat dan cepat, sebisa mungkin mereka langsung dapat memilih mata kuliah tanpa perlu menunggu berlama2, tapi kenyataan berkata lain. Sepertinya perlu ada pembenahan dalam sistem, terutama jaringan dari PORTAL AKADEMIK sendiri...

Mungkin bukan hanya kami anak2 tekim UGM yang merasakan ini, kalian yang lain mungkin juga sama, harus ber-susah-susah ria untuk bisa berkuliah tiap semesternya

1 komentar:

  1. Derita lo Lang.. Ckakaka.. Tiru JTMI dong.. haha

    BalasHapus